PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI PRODUK UMKM TELUR ASIN

Authors

  • Syafira Mariana Universitas Sebelas April Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i1.112

Keywords:

Pandemik Covid-19, Pemberdayaan, Promosi, Media Sosial, Toko Online

Abstract

Masa pandemi Covid-19 merupakan masa yang sulit bagi setiap warga masyarakat. Pandemi Covid ini telah menggerogoti sendi-sendi perekonomian, tidak luput juga bagi para pelaku usaha dan UMKM. Di tengah masa yang sulit ini, UMKM sebagai pilar perekonomian masyarakat menghadapi kendala dan kesulitan untuk bertahan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai respon atas kesulitan yang dialami oleh kelompok Telur Asin . Melalui serangkaian kegiatan penjaringan informasi dari para anggota, tim pengabdian menemukan kendala pokok bagi kelompok untuk bisa tetap berproduksi di tengah situasi ini. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini disesuaikan dengan situasi pandemi, sehingga beberapa rencana kegiatan awal harus diubah. Kegiatan workshop dan pelatihan tidak dapat dilaksanakan. Mempertimbangkan hal ini, arah tujuan dan manfaat kegiatan pengabdian menyesuaikan kebutuhan dari kelompok melalui metode yang memungkinkan untuk dikembangkan. Penyebaran kuisioner daring memperoleh hasil bahwa kebutuhan yang mendesak di masa pandemi dan memasuki era kenormalan baru saat ini adalah metode pemasaran atau promosi yang lebih efektif. Arah pelaksanaan pengabdian disesuaikan dengan kebutuhan kelompok untuk melakukan promosi produk melalui media digital dan e-commerce. Kegiatan pelaksanaan terbagi menjadi 3 tahap, yakni sosialisasi program, jajak pendapat tentang kebutuhan promosi produk di masa pandemi, dan inisiasi perancangan dan pembuatan konten promosi dengan media digital. Pendampingan pembuatan modul konten digital merupakan bentuk pemberdayaan dan edukasi komunitas. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan peningkatan omzet penjualan produk Telur Asin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchori. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke 13. Bandung: Alfabeta, cv.

A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 2021.

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 2021.

Hadari Nawawi, “Manajemen Strategik”, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2015.

Halim Abdul, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol.1, No.2, 2020.

Hayani Nurahmi, Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi, Pekanbaru: Suska Pres, 2012.

Moleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Porter, Michael, E. (2008). Strategi Bersaing (competitive strategy). Tanggerang: Karisma Publishing grup.

Rangkuti, Freddy. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedakan kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Andi.

Published

2023-12-30

How to Cite

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI PRODUK UMKM TELUR ASIN. (2023). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1). https://doi.org/10.62281/v2i1.112

Similar Articles

1-10 of 95

You may also start an advanced similarity search for this article.