ANALISIS YURIDIS TERHADAP HAK-HAK PEREMPUAN KORBAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

Studi Putusan Nomor : 416/Pid/Sus/2015/PN/SGL

Authors

  • Dt. Ananda Farkhie Universitas Sumatera Utara Author
  • Marlina Universitas Sumatera Utara Author
  • Chairul Bariah Universitas Sumatera Utara Author
  • Rosnidar Sembiring Universitas Sumatera Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i3.202

Keywords:

Hak-Hak Perempuan, Korban Tindak Pidana, Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. KDRT memiliki karakteristik yang berbeda dengan tindak pidana lainnya karena adanya hubungan antara korban dan pelaku. Perempuan adalah sosok yang harus dilindungi serta harus di hormati dan harus diperhatikan dan dipertimbangkan untuk masa yang akan datang dengan demikian didalam KDRT perempuan sebagai korban harus juga diperhatikan hak-hak jangan sampai mengabaikannya. Menyangkut hal tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaturan hukum terkait perlindungan hak-hak perempuan korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga, bagaimana bentuk perlindungan terhadap hak-hak perempuan korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Bagaimana perlindungan hukum bagi hak-hak perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga pada putusan Nomor : 416/pid/sus/2015/PN/SGL. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitina yuridis normatif, dengan sifat penelitian deskriptif analisis, pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan studi kepustakaan. Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga mengatur mengenai hak perempuan sebagai korban. Adanya peraturan tersebut adalah sebuah perlindungan yang diharapkan dapat memberikan kepastian terhadap perempuan korban KDRT khususnya dalam pelaksanaan hak mereka sebagai korban. Perlindungan dan hak korban KDRT yang diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 sesungguhnya didasarkan kepada hak asasi manusia yakni harus menitik beratkan pada kemanfaatan yang terbesar kepada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Putusan Nomor: 416/Pid/Sus/2015/Pn/Sgl, Hakim menjatuhkan putusan pidana terhadap terdakwa, karena berdasarkan faktafakta hukum, majelis hakim berpendapat bahwa unsur-unsur dalam dakwaan penuntut umum Pasal 46 Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga telah terpenuhi dan dalam persidangan penuntut umum mampu membuktikan bahwa terdakwa dengan sengaja melakukan tindak pidana kekerasan seksual dalam lingkup rumah tangga. Putusan nomor: 416/Pid/Sus/2015/Pn/Sgl, sudah sesuai karena berdasarkan Pasal 46 Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Ddalam Rumah Tangga. Tuntutan penuntut umum untuk terdakwa dalam Putusan nomor : 416/Pid/Sus/2015/Pn/Sgl pidana penjara selama 12 (duabelas) tahun akan tetapi majelis hakim dalam putusannya Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 10 (sepuluh) tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Ainurrafiqa Pelupessy, 2014, Perlindungan Hak Asasi Manusia Terhadap Perempuan Korban Perkosaan, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta..

Ali, Zainuddin, 2009, Metode Penelitian Hukum, Sinar Grafika, Jakarta.

Apeldoorn, Van, 1985, Pengantar Ilmu Hukum, Pradnya Paramita, Jakarta.

APIK, LBH, 2001 Women, Law and Development, Jakarta, Pustaka Harapan.

Ashofa, Burhan, 1998, Metode Penelitian Hukum, Rineka Cipta, Jakarta.

Depdiknas, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Didik M. Arief Mansur Dan Elisatriis Gultom, Urgensi Dalam Perlindungan Korban Kejahatan Antara Norma Dan Realita, Raja Granfindo Persada, Jakarta.

Fathul Djannah, 2003, Kekerasan Terhadap Istri, Lembaga Kajian Islam dan Sosial, Yogyakarta..

H. Siswanto Sunarso, 2012, Viktimologi Dalam Sistem Peradilan Pidana, Sinar Grafika, Jakarta.

Harjono, 2008, Konstitusi Sebagai Rumah Bangsa, Sekretariat Jendral dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi, Jakarta.

Ibrahim, Jhonny, 2005, Teori Metodologi Penelitian Hukum Normatif, Bayu Media, Surabaya.

Johan Nina, 2012, Perempuan Naulu: Tradisionalisme dan Kultur Patriarki, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Jakarta.

Lubis, Solly M, 2012, Filsafat Ilmu dan Penelitian, Sofmedia, Medan.

Marzuki, Mahmud, Peter, 2005, Penelitian Hukum, Kencana, Jakarta.

Marzuki, Mahmud, Peter, 2008, Pengantar Ilmu Hukum, Kencana, Jakarta.

Mloeon, Lexy J, 2004, Metode Penelitian Kulaitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moerti Hadiati Soeroso, 2010, Kekerasan Dalam Rumah Tangga: Dalam Perspektif Yuridis-Viktimologis. Sinar Grafika, Jakarta.

Mufidah Ch., Dkk, 2006, Haruskah Perempuan dan Anak Dikorbankan?,Pilar Media, Malang.

Muhadar, 2010, Perlindungan Saksi Dan Korban Dalam Sistem Peradilan Pidana, PMN, Surabaya.

Muladi, 2005, HAM dalam Prespektif Sistem Peradilan Pidana, Refika Aditama, Bandung.

Nasution, Albani, Muhammad, Syukri, 2017, Hukum dalam Pendekatan Filsafat, Kencana, Jakarta.

Rahardjo, Satjipto, 2006, Ilmu Hukum, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Rahayu, 2015, Hukum Hak Asasi Manusia, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Rhiti, Hyronimus, 2015, Filsafat Hukum Edisi Lengkap (Dari Klasik ke Postmodernisme), Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Sagala, Valentina, 2007, Pergulatan Feminisme dan Ham, Institute Perempuan, Bandung.

Salim, Syahrum, 2013 Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cipta Pustaka Media, Bandung,

Santoso, Agus M, 2014, Hukum,Moral & Keadilan Sebuah Kajian Filsafat Hukum, Ctk. Kedua, Kencana, Jakarta.

Satjipto Raharjo, 2000, Ilmu Hukum, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Savitri, Niken, 2008, HAM Perempuan, PT. Revita Aditama Cet. I, Bandung.

Soekanto, Soerjono, 2005, Pengantar Penelitian Hukum, Universitas Indonesia, Jakarta.

Soemitro, Hanitijo, Ronny, 2006, Metodologi Penelitian Hukum Dan Jurumateri, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Soerjono Soekanti, 2021, Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak, Rineka Cipta, Jakarta.

Sofiani, Triana, 2009, Membuka Ruang Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan, Musawa, Jakarta.

Sri Mamudji, Sri, Soekanto, Soerjono, 2009, Penelitian Hukum Normatif : Suatu Tinjauan Singkat, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Widiartana, 2009, Kekerasan Dalam Rumah Tangga Perspektif Perbandingan Hukum, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Jurnal dan Makalah

Arbaiyah Prantiasih, “Hak Asasi Manusia Bagi Perempuan”, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 25 No.1, Tahun 2016.

B. Rudi Harnoko, “Di Balik Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan”, e-journal.iainpekalongan.ac.id. Vol.2, No. 1, 2010

Bismar Nasution, Metode Penelitian Hukum Normatif dan Perbandingan Hukum, Makalah, disampaikan pada Dialog Interaktif Tentang Penelitian Hukum dan Hasil Penulisan Hukum pada Majalah Akreditasi, Fakultas Hukum USU, Tanggal 18 Februari 2003

Dakwatul Khairah, Jurnal Hukum Perlindungan Hukum Terhadap Perempuan Dan Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Surabaya, Universitas Islam Nusantara Sunan Ampel Surabaya.

Danel Aditia Situngkir, “Terikatnya Negara Dalam Perjanjian Internasional”, Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 2 No. 2, Tahun 2018.

Dewi Lestari, “Kekerasan Dalam Rumah Tangga Tehadap Perempuan”, Jurnal Hukum Dan Pembangunan Vol. 35 No. 3 Juli September 2005.

Evi Tri Jayanthi, “Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Survivor yang Ditangani Oleh Lembaga Sahabat Perempuan Magelang”, Jurnal Dimensia Vol 3 No. 2, September 2009.

H.Z. Wadjo dan Astuti Nur Fadillah, “Perlindungan Hukum Terhadap Perempuan dan Anak yang Menjadi Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Desa Klis”, Community Development Journal Vol 2 No. 2., Juni 2021.

Hamidah Abdurrachman, “Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga dalam Putusan Pengadilan Negeri Sebagai Implementasi Hak-Hak Korban”, Jurnal Hukum Vol. 17 No. 3, Juli 2010.

Hamidah Abdurrahman, Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga dalam Putusan Pengadilan Negeri Sebagai Impelementasi Hak-Hak Korban, Jurnal Hukum IUS QULA IUSTUM, No. 3 Vol .13, 2010, hal. 477

Harkristuti Harkrisnowo, Tindakan Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Perspektif Sosio- Yuridis, Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM No. 14 Vol. 7 – 2000, hlm. 165-166

Hehanussa, Deassy J.A., & Salamor, Yonna B, “Membangun Kesadaran Hukum Bagi Perempuan dan Anak dalam Penanggulangan Tindak Pidana Kekerasan Seksual”, (Sabdamas: Prosiding Universitas Atma Jaya, 2019)

I Nyoman Walih Wiantaka dan I Wayan Suarbha, Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Wanita, Fakultas Hukum Universitas Udayana

Laurensius Arliman, “Komnas HAM Sebagai State Auxialiary Bodies Didalam Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia”, Jurnal Bina Mulia Hukum Vol. 2 No. 1, Tahun 2017.

Lezi Y. Sari dan Desi A. Umami, “Fenomena KDRT Dalam Pernikahan Dini (Studi Kasus) di Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma Tahun 2020” Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4, 2020.

Lintong O. Siahaan, “Peran Hakim Agung dalam Penemuan Hukum (Rechtsvinding) dan Penciptaan Hukum (Rechtsschepiing) pada Era Reformasi dan Transformasi, Artikel pada Varia Peradilan Nomor 252, Tahun 2006.

Mudjiati, “Implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Suatu Tantangan Menuju Sistem Hukum yang Responsif Gender”, Jurnal Legislasi Indonesia Vol. 5 No. 3, September 2008.

Nur Rochaethy, Menegakkan HAM Melalui Perlindungan Hukum Bagi Perempuan Korban Kekerasan di Indonesia, Palastren Jurnal Studi Gender Vol. 7 No. 1, Tahun 2016.

Rifa’ Rasyaadah Dan Rahayu, “Perlindungan Hak Asasi Manusia Perempuan Terhadap Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Indonesia Dalam Perspektif Hukum Internasional”, Jurnal HAM Vol. 12 No. 2, Agustus 2021.

Rosma Alimi dan Nunung Nurwati, “Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perempuan”, Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM) Vol. 2 No.1, April 2021.

Setiono, Rule Of Law (Supremasi Hukum), Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sri Wiyanti Eddyono, Hak Asasi Perepmpuan Dan Konvensi CEDAW, Arttikel Tentang Ham, Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat, 2005

Syahruddin, Pemenuhan Hak Asasi Warga Binaan Pemasyarakatan Dalam Melakukan Hubungan Biologis Suami Istri, Disertasi, Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makasar, 2010.

Wini Tamtiari, Awig-Awig, Melindungi Perempuan dari Kekerasan Dalam Rumah Tangga?, (Yogyakarta: Kerja Sama Ford Foundation dengan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, 2005).

Yonna Beatrix Salamor dan Anna Maria Salamor, “ Membangun Kesadaran Hukum dan Pemenuhan Hak-Hak Perempuan di Negeri Seilale”, Community Development Journal, Vol. 1 No.2, Juni 2020.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia

Website

https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/catahu-2020-komnas-perempuan- lembar-fakta-dan-poin-kunci-5-maret-2021

https://bunghatta.ac.id/artikel-226-tindak-kekerasan-dalam-rumah-tangga.html (Diakses pada tanggal 15 Desember 2021pukul 01.00)

https://e-jurnal.peraturan.go.id/index.php/jli/article/viewFile/296/181, (Diakses pada tanggal 20 Februari 2022 pukul 20.00)

Badan Pusat Statistik (bps.go.id)

http://lbh apik.perserikatan bangsa bangsa.com/rekomendasi umum no. 19 tentang kekerasan terhadap perempuan

http://www.lpsk.go.id/Profil/Profil_Detail/2 8

https://lpsk.go.id/assets/uploads/files/208a81255cd1384966e24c258ea4d080.pdf

Temmanengnga, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) – Direktorat JenderalHak Asasi Manusia (ham.go.id)

Published

2024-03-08

How to Cite

ANALISIS YURIDIS TERHADAP HAK-HAK PEREMPUAN KORBAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA: Studi Putusan Nomor : 416/Pid/Sus/2015/PN/SGL. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(3). https://doi.org/10.62281/v2i3.202

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 201

You may also start an advanced similarity search for this article.