STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK UMKM NASI GORENG (NASGOR IN): MENUJU KESUKSESAN KESUKSESAN DALAM INDUSTRI KULINER

Authors

  • M. Teddy Kurniawan UPN Veteran Jawa Timur Author
  • Yuniar Wardani UPN Veteran Jawa Timur Author
  • Dwi Putri Anggraeni UPN Veteran Jawa Timur Author
  • Rusdi Hidayat N UPN Veteran Jawa Timur Author
  • Maharani Ikaningtyas UPN Veteran Jawa Timur Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i4.231

Keywords:

Perencanaan, UMKM, Pengembangan, Strategi

Abstract

Penelitian ini menggali analisis situasi bisnis, strategi perencanaan, dan pengembangan bisnis untuk meningkatkan profitabilitas pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) NASGOR IN. Sebagai bagian integral dari ekonomi domestik Indonesia, UMKM kuliner ini memiliki reputasi dan warisan yang kuat. Meskipun mengalami perubahan dalam kepemilikan dan operasional, bisnis ini telah berhasil bertahan dan berkembang, menunjukkan ketahanan sektor UMKM dalam menghadapi tantangan ekonomi. Tetapi, untuk meningkatkan profitabilitas dan mempertahankan daya saing, strategi perencanaan dan pengembangan bisnis yang efektif menjadi sangat penting. Perencanaan bisnis menjadi fokus utama dalam menjaga stabilitas dan kesuksesan bisnis. Ini melibatkan identifikasi tujuan jangka pendek dan panjang, strategi untuk mencapainya, serta analisis menyeluruh terhadap industri, pelanggan, dan pesaing. Di samping itu, pengembangan bisnis melibatkan identifikasi peluang, formulasi alternatif usaha, seleksi terbaik, pelaksanaan, dan evaluasi. Strategi pengembangan bisnis seperti pengelolaan biaya operasional, penetapan kebijakan harga yang tepat, dan peningkatan efisiensi operasional diperlukan untuk meningkatkan profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., & Rodliah, L. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Makassar: CV Tahta Media Group.

Malik, I. (2020). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Masyarakat Ekonomi Asean. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 39-61.

Maskhulin, P. I. A., Setyawan, W. P., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). MEMAHAMI DAN MENGELOLA RISIKO BISNIS DALAM PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(4), 194-203.

Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112-121.

Sanjaya, P. A., & Nuratama, P. (2021). Tata Kelola Manajemen dan Keungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Denpasar: CV. Cahaya Bitang Cemerlang.

Sumasto, Fredy, et al. "Penerapan Manajemen Kualitas Terpadu Pada Industri Makanan Skala Mikro, Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Umkm Nasi Goreng)." Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI) (2022).

Published

2024-04-03

How to Cite

STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK UMKM NASI GORENG (NASGOR IN): MENUJU KESUKSESAN KESUKSESAN DALAM INDUSTRI KULINER. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(4). https://doi.org/10.62281/v2i4.231

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 55

You may also start an advanced similarity search for this article.