MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES SUPERVISI MANAJERIAL

Authors

  • Rosalinda Nur Safitri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Author
  • Septi Sukma Wati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Author
  • Subandi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/1hv5wg38

Keywords:

Supervisi Pendidikan, Teknologi Informasi, Supervisi Manajerial

Abstract

Mengintegrasikan Teknologi Informasi dalam Proses Supervisi Manajerial merupakan kajian yang menyoroti pentingnya pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan efektivitas supervisi di lingkungan manajerial. Dalam era digital saat ini, organisasi dihadapkan pada tuntutan untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat untuk memperbaiki proses pengawasan dan pembinaan kinerja karyawan. Artikel ini mengeksplorasi berbagai cara di mana teknologi informasi dapat diintegrasikan ke dalam praktik supervisi manajerial untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan, memperkuat komunikasi antara manajer dan bawahan, serta memfasilitasi pengembangan keterampilan dan pengetahuan karyawan. Artikel ini juga membahas tantangan yang mungkin dihadapi dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam supervisi manajerial, seperti keamanan data, resistensi perubahan, dan kebutuhan akan pelatihan yang sesuai bagi staf. Dengan mempertimbangkan manfaat dan tantangan tersebut, artikel ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi informasi dalam supervisi manajerial memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengawasan kinerja, serta memperkuat hubungan antara manajer dan karyawan. Namun, untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam praktik supervisi manajerial, diperlukan komitmen yang kuat dari semua pihak terkait, investasi yang tepat dalam infrastruktur teknologi, dan strategi implementasi yang matang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Sudrajat, Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial, (Jakarta : Musyawarah kerja pengawas, 2009), http//depdiknas, diakses tanggal 23 Maret 2015.

Aminah, 2020. Peningkatan Kompetensi ICT Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Supervise Kepala Sekolah, Metaedukasi, vol 2, no 2.

Darmanto. Karso. 2019. Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Supervisi Pembelajaran Di Sekolah Dasar, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Kasmawati, 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Binaan di Kabupaten Takalar, Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, Volume 1 Nomor 2.

Marshela pondaag dkk, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Supervisi Pembelajaran Di SDN Kabupaten Minahasa Utara”. Jurnal Inovasi dan Manajemen Pendidikan. Vol.1 No.2, 2021, hal 136-137

Mudzakir, D.” Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. Studia Didaktika”, Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 2016, 10 (02), hal 33-47.

Muhson, A. “Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi”. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 2010, 8 (2).

Sanoto Herry, 2022. Sistem Informasi Manajemen Supervisi Akademik Berbasis Website dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah, AITI: Jurnal Teknologi Informasi, Volume 19 No. 1.

UNESCO. 2014. Institus for Statistics (UIS), Information and Communication Technology (ICT) In Education in Asia.Information Papars, 6. (22).

Vina, Ratu Rohmatika, 2016. Urgensi Supervisi Manajerial Untuk Peningkatan Kinerja Sekolah, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4 Vol. 9, No. 1.

Published

2024-06-07

How to Cite

MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES SUPERVISI MANAJERIAL. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6). https://doi.org/10.62281/1hv5wg38

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1-10 of 146

You may also start an advanced similarity search for this article.