HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN DISIPLIN WAKTU DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

Authors

  • Annisa Nurul Fadilah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Wahdaniati Bancin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Bunaisah Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i1.61

Keywords:

Disiplin Waktu, Prestasi Belajar, Mahasiswa, Kepribadian

Abstract

Disiplin waktu merupakan suatu strategi pengembangan kepribadian yang mengajarkan mahasiswa untuk efektif mengalokasikan waktu dan merencanakannya sesuai kebutuhan. Dalam konteks disiplin waktu, mahasiswa diberdayakan untuk mengelola waktu dengan cermat melalui perencanaan, organisasi, arahan, dan pemantauan, dengan tujuan mencapai target yang telah ditetapkan. Proses ini melibatkan penyusunan jadwal kegiatan, penetapan skala prioritas, estimasi waktu untuk setiap kegiatan, serta evaluasi terhadap implementasi jadwal yang telah dibuat. Hal ini bertujuan agar setiap waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara disiplin waktu dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam UINSU. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross-sectional, mengumpulkan data primer melalui angket, dan data sekunder terkait indeks prestasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 37 responden, 51,4% memiliki disiplin waktu yang baik, dan mayoritas prestasi belajar berada pada rentang nilai 3,26-3,50 (70,2%). Dari temuan tersebut, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin waktu dan prestasi belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Azrul.1996. Menjaga Mutu Pelayanan Ilmu Komputer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Budihardjo. 2001. Faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien peserta wajib PT ASKES yang berobat jalan di Puskesmas seKabupaten Sambas Propinsi Kalimantan Barat tahun 2001. Tesis FKM UI

Bustami MS, MQIH. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Ilmu Komputer &Akseptabilitasnya. Jakarta: Penerbit Airlangga.

Depkes RI.1999. Pedoman Kerja Puskesmas. Jilid I. Jakarta: Depkes RI.

Gaspert Vincent. 1997. Disiplin kualitas dalam meningkatkan industri jasa. Yayasan Indonesia Emas Institut Vincent, Gramedia Jakarta.

Jacobalis, 1989. Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit (Quality Assurance). PT. Citra Windu Satria Jakarta.

Kadaryati. 2009. Faktor –faktor pada unit pelayanan kacamata yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan di RS Karya Medika II Tambun Tahun 2009. Tesis Program Pascasarjana Program studi Ilmu Ilmu Komputer Masyarakat Universitas Respati Indonesia.

Konstantinus Sinulingga.2002. Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Ilmu Komputer Balai Pengobatan Umum Puskesmas Padang Bulan Medan tahun 2002. Tesis FKM UI

Kotler, Phillip. 2007. Disiplin Pemasaran. Jakarta: PT. Prehalindo.

Lameshow, et all. 1997. Besar Sampel Dalam Penelitian Ilmu Komputer. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Lizarni. 2000. Faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh tahun 1999. Tesis FKM UI.

Lumenta, Benyamin. 1989. Pelayanan Medis, Citra Peran dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Kanisius.

Lumenta, Benyamin. 1989. Dokter, Citra, Peran dan Fungsi: Tinjauan Fenomena Sosial: Penerbit Kanisius.

Muninjaya, A.A. Gde. 2011. Disiplin Mutu Pelayanan Ilmu Komputer. Jakarta: EGC.

Naidu, Aditi. 2009. Factors Affecting Patient Satisfaction And Healthcare Quality. International Journal of Health Care Quality Assurance.

Rangkuty, F. 2006. Measuring Customer Satisfication: Gaining Customer Relationship Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

R. Bimo Satrio R. 2003. Faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan Puskesmas Bantar Gebang Bekasi tahun 2003. Tesis FKM UI.

Sari Kartika. 2009. Determinan tingkat kepuasan pasien di instalasi radiologi RSUD Ulin Banjarmasin tahun 2009. Tesis Program Pascasarjana Program studi Ilmu Ilmu Komputer Masyarakat Universitas Respati Indonesia.

Sumantri Arif. 2001. Hubungan antara mutu pelayanan klinik sanitasi puskesmas berdasarkan ISO 9004-2 dengan kepuasan klien di kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Tesis FKM UI.

Sumanto. 1998. Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Poliklinik Umum Pertamina Plaju. Tesis FKM UI.

Supranto, JMA. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono Fandy. 2003. Disiplin Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Trisjanto. 2002. Hubungan mutu layanan balai pengobatan dengan kepuasan pasien puskesmas kabupaten Lampung Utara Tahun 2002. Tesis FKM UI.

Wijono, Djoko.1999. Disiplin Mutu Pelayanan Ilmu Komputer. Surabaya: Airlangga University Press.

Published

2024-01-04

How to Cite

HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN DISIPLIN WAKTU DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1). https://doi.org/10.62281/v2i1.61

Similar Articles

1-10 of 64

You may also start an advanced similarity search for this article.