ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM TEKS NARASI SISWA KELAS IV DI SDN KAUMAN 3

Authors

  • Cindy Fransisca Agustin Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Tyasmiarni Citrawati Universitas Trunojoyo Madura Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i7.626

Keywords:

Unsur-Unsur Intrinsik, Faktor Ketidaklengkapan, Teks Narasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur intrinsik teks narasi dan faktor yang menyebabkan ketidaklengkapan unsur-unsur intrinsik pada siswa teks narasi IV SDN Kauman 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari analisis unsur-unsur teks narasi yang ditemukan pada siswa kelas IV SDN Kauman 3 menunjukan penentuan tema meliputi yaitu tema pengalaman pribadi saat hari raya, selama ramadhan, selama berlibur dan tema kisah persahabatan yang menceritakan kegiatan siswa saat bermain. Alur yang dituliskan siswa adalah alur maju dengan runtutan dari awal sampai akhir peristiwa yang dialami siswa. Latar tempat yang dituangkan siswa antara lain lapangan, rumah siswa, rumah saudara dan tempat siswa saat berlibur yaitu surabaya, malang, rembang, pasar turi dan pantai. Latar waktu yang dituangkan siswa yaitu pagi hari, siang hari dan sore hari. Latar suasana yang dituliskan siswa yaitu suasana senang dan latar suasana adalah latar yang sulit dituliskan karena siswa kurang dalam penyampaian perasaan dalam tulisan. Sudut pandang yang dituliskan siswa yaitu sudut pandang orang pertama. Penokohan yang dituliskan siswa yaitu tokoh utama siswa dan tokoh pendukung orang terdekat yang ada disekitar siswa dengan perwatakan yang dituliskan siswa yaitu protagonis. Amanat yang dituliskan siswa yaitu amanat tersirat dan tersurat. Siswa kurang dalam penyampaian pesan melalui unsur amanat. Siswa yang kesulitan dalam menentukan tema karena sulit dalam menuangkan ide. Siswa yang kesulitan dalam menentukan alur dengan kesulitan menentukan jalan cerita. Siswa yang kesulitan dalam menentukan latar kesulitan dalam menuangkannya pada cerita. Siswa yang kesulitan dalam menentukan tokoh karena kesulitan menentukan penokohan dalam cerita. Siswa yang kesulitan dalam menentukan perwatakan dengan kesulitan menentukan sikap tokoh pada cerita. Siswa yang kesulitan dalam menentukan amanat dikarenakan siswa menuliskan peristiwa pada teks narasi tanpa memperhatikan pesan yang ingin disampaikan. Hal yang menyebabkan ketidak lengkapan siswa; a) kurangnya pemahaman peserta didik terhadap unsur intrinsik karangan narasi meskipun sudah medapat materi, b) rendahnya motivasi peserta didik untuk menuliskan teks narasi dengan benar sehingga peserta didik malas dan kurang tertarik menulis dengan melengkapi unsur intrinsiknya dalam karangan narasi, dan c) kegiatan bercerita lebih digemari siswa dari kegiatan menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimah, M., & Indihadi, D. (2022). Analisis Teks Narasi Implementasi Strategi Mind Mapping Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5512-5519.

Amral, S., & Azlin, N. (2021). Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau Di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 213-222.

Anggraini, L., & Basuki, D. I. A. (2022). KARAKTERISTIK KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 03 TUMPANG. In International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC) (Vol. 6, No. 1, pp. 291-295).

Asmoro, A. I., & Muhammad, A. F. N. (2023). Problematika Dan Solusi Menulis Teks Narasi bagi Peserta Didik Kelas Tinggi. Jurnal Basicedu, 7(5), 2880-2885.

Birlina, A. (2023). Analisis Unsur-unsur Intrinsik dalam Karangan Narasi Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Karangasem 1 No. 61 Surakarta. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Firdha Khairunnisa. (2019). Problematika Pembelajaran Menulis Teks Narasi di Sekolah Menengah Pertama, Seminar Bahasa Dan Sastra Indgonesia, 2.1

Herman, N. (2018). Analisis Kesalahan berbahasa Di Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMPN MataramTahunAjaran 2017/2018: Jurnal Skripsi, 1-2.

Indriyani, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Siswa Kelas V Sdn Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat Melalui Penggunaan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Lasmini, S. (2018). No Titlepeningkatan Keterampilan Menulis Teks Narative Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Bagi Siswa Kelas X Ts C Smk N 5 Surakarta Semester Gasal Tahun 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dwija Utama, 9, 67–76.

Lauma, A. 2017. Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Pendek “Protes” Karya Putu Wijaya. Journal Skripsi.

Mulyadi, Y, dkk. 2016. Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP/MTs.Kelas VII. Bandung: YramaWidya.

Munirah, (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Nisrina, Kasmad, & Wulan, (2021) “Analisis Kemampuan Menulis KaranganNarasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Renjana Pendidikan, pp. 546–555

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan Dan Kemampuan Membaca Pemahaman). Jejak Publisher.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Sugiono (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Sulistyowati. (2015). Buku Cerdas EYD Ejaan Yang disempurnakan. Depok: Vicosta Publishing.

Yogyantoro, A. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media diorama siswa kelas IV. BASIC EDUCATION, 5(38), 3-570.

Yuliawati, Prawiyogi, & Anwar, (2020) “Analisis Kesalahan dalamMenulisKarangan Narasi Siswa Sekolah Dasar,” IJPSE: Indonesian Journal of Primary School Education, 1 (1), pp. 87–98.

Published

2024-07-05

How to Cite

ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM TEKS NARASI SISWA KELAS IV DI SDN KAUMAN 3. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7). https://doi.org/10.62281/v2i7.626

Similar Articles

1-10 of 125

You may also start an advanced similarity search for this article.