MODALITAS DALAM PIDATO JOKO WIDODO PADA UPACARA PERINGATAN HARI PANCASILA 2024: LINGUISTIK FUNGSIONAL SISTEMIK

Authors

  • Elviana Br Bangun Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Adinda Rahmatika Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Bima Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i7.631

Keywords:

Modalitas, Joko Widodo, Linguistik Fungsional Sistemik

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan modalitas dalam pidato Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Pendekatan yang digunakan adalah linguistik fungsional sistematis, yang berfokus pada bagaimana modalitas digunakan untuk menyempurnakan pesan yang disampaikan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana Joko Widodo menggunakan modalitas untuk mempengaruhi pemahaman dan tanggapan audiens terhadap pidatonya. Dalam analisisnya, penelitian ini didasarkan pada data tuturan dan tinjauan literatur terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa Joko Widodo secara konsisten menggunakan modalitas untuk menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dan relevansinya dalam konteks modern. Kata-kata seperti "harus", "perlu", dan "penting" tidak hanya menyampaikan pesan Anda dengan jelas, namun juga menekankan dan menunjukkan keyakinan Anda terhadap nilai-nilai tersebut. Selain itu, penggunaan modalitas ini juga bertujuan untuk membangun keintiman emosional dengan pendengarnya dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Dengan menggunakan bahasa yang tegas dan inspiratif untuk memperkuat pesan moral dan sosial, Joko Widodo tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga membangun hubungan yang lebih erat antara pemimpin dan masyarakat. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana bahasa digunakan secara efektif dalam konteks komunikasi politik. Dengan menganalisis penggunaan modalitas dalam pidato presiden, penelitian ini menunjukkan pentingnya strategi linguistik dalam membangun legitimasi, kohesi sosial, dan dukungan terhadap kebijakan publik. Oleh karena itu, kajian ini tidak hanya relevan secara ilmiah namun juga mempunyai implikasi praktis dalam memahami dinamika komunikasi publik dalam konteks politik kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Amrullah, F., Yassi, A. H., & Gusnawaty, G. (2020). Modalitas dalam teks berita hoaks: kajian linguistik sistemik fungsional. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 37-45.

Aisyah, S. N. (2019). Modalitas Bahasa Indonesia dalam talk show Mata Najwa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 231-240.

Amrullah, F., Yassi, A. H., & Gusnawaty, G.(2020). Modalitas dalam teks berita hoaks: kajian linguistik sistemik fungsional. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 37-45.

Hadiani, U. A., & Ritonga, M. J. (2010). PENERAPAN KOMUNIKASI SATU ARAH DI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL “HALLO ONLINE” PT TELKOM DIVRE II JAKARTA. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 7(1).

Hamdan, M. (2020). Komunikasi Satu Arah Dan Dua Arah.

Hayati, R., & Panuntun, I. A. MODALITAS TUTURAN MAHASISWA DALAM PRESENTASI.

Priyastuti, M. T. (2020). Penggunaan Modal Verbs Bahasa Inggris dalam Ketrampilan Berbicara. Journal of Language and Health, 1(1), 11-20.

Subhan, A. B., Harahap, V. S., & AK, A.(2022). METODE KOMUNIKASI INTER PERSONAL PADA PELAYANAN PELANGGAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) RAYON TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH (Studi deskriptif keluhan tarif listrik di kampung Bebesen). Telangke: Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-15.

Syah, I. (2022). MODALITAS DALAM PIDATO JOKO WIDODO" OPTIMIS INDONESIA MAJU" DAN PRABOWO" INDONESIA MENANG": ANALISIS WACANA KRITIS. Aksara, 34(1), 73-82.

Wulandari, R. (2016). Linguistik Sistemik Fungsional dan Pengkajian Variasi Bahasa dalam Terjemahan Al-Qur'an dan Hadist. Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016.

Published

2024-07-05

How to Cite

MODALITAS DALAM PIDATO JOKO WIDODO PADA UPACARA PERINGATAN HARI PANCASILA 2024: LINGUISTIK FUNGSIONAL SISTEMIK. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7). https://doi.org/10.62281/v2i7.631

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.