PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI DALAM PROSES PRODUKSI DAN HASIL PENJUALAN PADA UMKM MILIK RAHMAN

Authors

  • Mohammad Baitur Rahman Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Syairabilla Elmasa Eyatena Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Amanda Putri Azkia Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Sylva Enggelina Elysabeth Kafiar Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Mochamad Reza Adiyanto Universitas Trunojoyo Madura Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i7.652

Keywords:

UMKM, Sistem Akuntansi, Hasil Penjualan

Abstract

Keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Seiring dengan berkembangnya peradaban dan kegiatan ekonomi, kebutuhan akan informasi ini semakin meningkat. Informasi keuangan diperoleh melalui akuntansi untuk membantu bisnis membuat keputusan ekonomi dan keuangan. Akuntansi adalah suatu sistem pengukuran dan mencatat pengelolaan sumber daya ekonomi dan menyediakan hasil informasi keuangan. Informasi ini ditujukan kepada berbagai kelompok kepentingan (stakeholder) untuk membantu mereka dalam mengambil keputusan terkait perusahaan. Oleh karena itu, akuntansi sering disebut sebagai bahasa perusahaan atau bahasa bisnis. Abstrak ini menjelaskan bahwa laporan keuangan ditujukan untuk membantu berbagai pemegang kepentingan suatu bisnis. Laporan keuangan memungkinkan pengguna untuk menilai kondisi kesehatan keuangan usaha, keberhasilan dalam mencapai tujuan, dan prospek masa depan. Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban keuangan yang dibuat oleh manajemen kepada pemilik aset, kreditur, dan pihak lain yang berkepentingan. Pihak-pihak tersebut antar lain pemilik, kreditor/bank, investor, pemerintah, dan karyawan. Mengingat beragamnya kepentingan pengguna laporan keuangan, maka penyusunannya laporan keuangan harus bersifat umum dan tidak memihak. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil dan menengah. Pasal 1 mendefinisikan usaha kecil dan menengah diartikan sebagai kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perorangan berskala kecil yang memenuhi kriteria yang di atur secara hukum seperti kekayaan bersih, hasil penjualan tahunan, dan kepemilikan. Bentuk UMKM anatar lain perseorangan, kemitraan seperti perusahaan dan CV, serta perseroan terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Chandra, dkk,. 2012. Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JMK, Vol. 10, No. 2

Atmadja, A. T,. dkk,. 2014,. Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Sebuah Studi Intrepetatif pada Peggy Salon),. Vol. 2, No. 1, Tahun 2014.

Damayanti, Theresia Woro,. dan Yohanes H. A,. 2017. Niat Melakukan Pencatatan Akuntasi pada Usaha Kecil Menengah: Pengetahuan Akuntansi Ataukah Herding?.Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 20, No. 2, Oktober 2017.

Juniardi, & Thesar,. 2016. Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Konveksi Astra Berdasarkan SAK UMKM. Universitas Tanjungpura, Jurnal Keuangan, Pengelolaan dan Pencatatan Keuangan Sederhana.

Kurniawansyah, & Deddy. 2016. Penerapan Pencatatan Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada UMKM Desa Gembongsari, Desember 2016.

Osvaldo Valentino, Tri Irianto Tjendrowasono, Abdillah Baraja, & Sukoco Sukoco. (2022). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan pada UKM Toko Wahyu. Surakarta Informatic Journal (ISJ) Volume 4, Edisi 1, Januari 2022.

Purhantara, & Wahyu,. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Published

2024-07-07

How to Cite

PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI DALAM PROSES PRODUKSI DAN HASIL PENJUALAN PADA UMKM MILIK RAHMAN. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7). https://doi.org/10.62281/v2i7.652

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 468

You may also start an advanced similarity search for this article.