BAHASA INDONESIA DAN EKONOMI KREATIF: PERAN BAHASA DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK BUDAYA LOKAL MADURA

Authors

  • Vita Safira Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Bima Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i7.660

Keywords:

Bahasa Indonesia, Ekonomi Kreatif, Madura

Abstract

Di era modern saat ini, bahasa Indonesia menjadi pilar penting dalam mengantarkan Madura menuju gerbang ekonomi kreatif yang maju dan sejahtera. Kemampuannya dalam menjembatani komunikasi, melestarikan budaya, dan memberdayakan masyarakat lokal menjadikannya kunci utama dalam membuka peluang ekonomi kreatif di pulau Madura. Melalui bahasa Indonesia, kekayaan budaya lokal Madura dapat dipromosikan secara efektif, menarik minat konsumen lokal hingga global. Keindahan batik Madura, kelezatan kuliner khasnya, dan kekhasan seni pertunjukannya dapat dikemas dengan narasi menarik, mengundang minat wisatawan dan pembeli. Bahasa Indonesia pun telah menjadi alat dalam mendokumentasikan dan menyebarkan pengetahuan, adat istiadat, dan praktik tradisional Madura, melestarikan warisan budaya yang tak ternilai. Bahasa Indonesia menjadi jembatan bagi masyarakat lokal untuk terlibat aktif dalam pengembangan ekonomi kreatif. Pelatihan bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi, bernegosiasi, dan memasarkan produk mereka. Hal ini membuka peluang usaha baru, meningkatkan pendapatan, dan pada akhirnya, output yang dihasilkan adalah meningkatnya taraf hidup dan kesejahteraan warga. Meskipun penerapan bahasa Indonesia dalam ekonomi kreatif di Madura masih terbilang minim, optimisme tetaplah berkobar. Solusi efektif seperti pelatihan bahasa Indonesia, pengembangan konten berbahasa Indonesia, dan peningkatan dukungan pemerintah dapat mengoptimalkan perannya. Pelaku usaha kreatif pun perlu proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi dan pemasaran produk mereka. Kesadaran masyarakat Madura terhadap pentingnya bahasa Indonesia dalam pengembangan ekonomi kreatif juga menjadi kunci. Dengan sinergi dari semua pihak, bahasa Indonesia dapat menjadi penggerak kemajuan ekonomi kreatif di Madura dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Bahasa Indonesia bukan hanya alat komunikasi, namun juga kunci dalam membuka gerbang kreativitas dan kemakmuran Madura. Dengan pemanfaatan yang optimal, bahasa Indonesia dapat mengantarkan Madura menuju masa depan gemilang, di mana budaya lokalnya dilestarikan, masyarakatnya diberdayakan, dan ekonominya terus berkembang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, P., & Utami, N. (2021). Peran bahasa Indonesia dalam pengembangan ekonomi kreatif di era digital. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 223-234.

Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2021). Panduan Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2021). Panduan Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Usaha Mikro dan Kecil 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Fatmawati, F., & Suhartini, S. (2020). Strategi pengembangan ekonomi kreatif berbasis budaya lokal di Madura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Universitas Negeri Madura, 7(1), 1-10.

Haryati, N. (2019). Potensi Kearifan Lokal Madura dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 15(1), 1-10.

Ismail, M. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Madura: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Kajian Budaya, 13(2), 31-42.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2023). Pedoman Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pemajuan Kebudayaan.

Published

2024-07-08

How to Cite

BAHASA INDONESIA DAN EKONOMI KREATIF: PERAN BAHASA DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK BUDAYA LOKAL MADURA. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7). https://doi.org/10.62281/v2i7.660

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1-10 of 390

You may also start an advanced similarity search for this article.