PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK GLOBAL PEKANBARU

Authors

  • Lica Perta Juliyas Muharni Institut Az Zuhra Author
  • Vingky Zulfa Asria Institut Az Zuhra Author
  • Rini Hardiyanti Ali Institut Az Zuhra Author
  • Sahrul Institut Az Zuhra Author
  • Novita Sari Institut Az Zuhra Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i10.863

Keywords:

Media Pembelajaran, Platform, Quizizz

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan dan ketergantungan pada teknologi, menjadikan guru dimudahkan dalam penentuan media pembelajaran yang digunakan. Banyak sekali Platform yang menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah media pembelajaran yang menarik. Salah satu Platform yang sangat mudah di akses adalah Quizizz. Quizizz adalah media digital berbentuk permainan latihan soal maupun presentasi online yang membantu pendidik/pengajar untuk mendistribusikan materi ajar agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Pengabdian berupa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru agar bisa menerapkan dan mengapliksikan penggunaan Quizizz di kelas sebagai evaluasi pembelajaran. Hal ini dikarenakan masih banyak guru maupun peserta didik yang belum mampu memaksimalkan Quizizz ini menjadi media pembelajaran yang menarik. Pengabdian ini menggunakan metode evaluasi dengan cara survei langsung ke lokasi dan praktik secara langsung. Adapun untuk memaparkan hasil pengabdian ini digunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta pelatihan, baik dalam meningkatkan pengetahuan mereka dalam menerapkan penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran ataupun dalam implementasi Quizizz itu sendiri dalam proses pembelajaran. Peserta juga tentunya diharapkan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV Syahir

Arief, S, Sadiman, dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada

Asna Tiana, A. D. S. K. Dan M. S. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 6

Citra, C.A. dan Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2): 261-272

Magdalena, Ina dkk. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 di SDN Cikokol 3. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(3):377-391

Muyati, S. Dan Efendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara, 3(1):64-73

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Ulhusna, Mishbah, dan Sri Diana. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika, 4(2):130

Utomo, H. (2020). Penerapan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tematik Siswa Kelas Iv Sd Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/31004

Wibawa, R.P. Astuti, R.I. dan Pangestu, B.A. (2019). Smartphone-Based Application “quizizz” as a learning media. Jurnal Dinamika Pendidi

Published

2024-10-30

How to Cite

PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK GLOBAL PEKANBARU. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(10). https://doi.org/10.62281/v2i10.863

Similar Articles

1-10 of 220

You may also start an advanced similarity search for this article.