EKSPLORASI PENGALAMAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY

Authors

  • Safira Nurfiani Safitri Fauzi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/fmswbj91

Keywords:

Media Pembelajaran, Educandy, Pengalaman belajar

Abstract

Mengajarkan siswa untuk menjadi kreatif dan berpikiran terbuka di era digital ini merupakan tantangan tersendiri. Sebagai hasil dari pertumbuhan eksponensial kemampuan teknologi pada masa kini, lembaga pendidikan harus terus berinovasi agar dapat memenuhi kebutuhan akan materi pembelajaran yang ditingkatkan secara teknologi. Pengalaman belajar siswa berbasis teknologi pendidikan dapat dipahami dengan lebih baik melalui penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik atau pendekatan fenomenologis. Studi ini menggunakan media interaktif Educandy, yang merupakan bagian dari tren teknologi yang telah berhasil memperkenalkan komponen interaktif yang menarik yang berpotensi mengubah paradigma pembelajaran konvensional. Pengalaman belajar yang menarik dan mendalam membantu siswa memahami ide-ide yang kompleks dengan lebih baik; ini merupakan tambahan bagi pengetahuan yang mereka peroleh. Penulis studi berharap temuan mereka akan menginspirasi lembaga pendidikan untuk meningkatkan penggunaan alat pembelajaran digital. Guru dan siswa sama-sama dapat memperoleh manfaat dari latihan ini karena memperluas perspektif mereka tentang cara membuat materi pembelajaran yang berfungsi dalam lingkungan pendidikan jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2023). Pengembangan Game Edukasi Digital Dengan Educandy dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 253–260.

Armand, F. (2003). Social Marketing Models for Product-Based Reproductive Health Programs: A Comparative Analysis. Occasional Paper Series. Washington, DC. Retrieved from www.cmsproject.com.

Bator, R. J., Bryan, A. D., & Schultz, P. W. (2011). Who Gives a Hoot?: Intercept Surveys of Litterers and Disposers. Environment and Behavior, 43(3), 295–315. https://doi.org/10.1177/0013916509356884.

Belair, A. R. (2003). Shopping for Your Self: When Marketing becomes a Social Problem. Dissertation. Concordia University, Montreal, Quebec, Canada.

Chain, P. (1997). Same or Different?: A Comparison of the Beliefs Australian and Chinese University Students Hold about Learning’s Proceedings of AARE Conference. Swinburne University. Available at: http://www. swin.edu.au/aare/ 97pap/CHAN97058.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.

Faradila, C., Lubis, M. D. A.-K., Depari, S. P., & Jamaludin, J. (2023). Eksplorasi Media Pembelajaran Ppkn Melalui Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Smp. Kompetensi, 16(2), 465–476. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.201

Hayati, J. P., Lestari, W., & Saputra, E. R. (2021). Telaah Penggunaan Games Digital Sebagai Evaluasi Pembelajaran Masa Kini. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(2), 70–74.

Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Irfan Hidayat, A., Suryana, D., & Dwi Febriani, W. (2024). Eksplorasi Pengalaman Guru dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VI SD (Studi Fenomenologi Penerapan Metode Study outdoor). Rayah Al-Islam, 8(3), 1157–1167. https://doi.org/10.37274/rais.v8i3.1060

Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 01(September), 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153

Judijanto, L., Fatulloh, M. A., Murthada, M., & ... (2024). Eksplorasi Penggunaan Box’s Spok Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa: Suatu Pendekatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Journal Of Human And …, 4(3), 620–624. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1098.

Kotler, P., & Lee, N. R. (2009). Up and Out of Poverty: The Social Marketing Solution. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lindawati (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Usahatani Terpadu Padi-Sapi di Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/ handle/123456789/85350.

LPPSP. (2016). Statistik Indonesia 2016. Badan Pusat Statistik, 676. Jakarta. Diakses dari https://www.LPPSP.go.id/index.php/publikasi/326.

Novitasari, D., & Kurniawati, R. (2023). Optimalisasi Pengalaman Belajar Siswa SD melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web. Nusantara Educational Review, 1(1), 43–55. https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.1006

Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 442.

Norsyaheera, A.W., Lailatul, F.A.H., Shahid, S.A.M., & Maon, S.N. (2016). The Relationship Between Marketing Mix and Customer Loyalty in Hijab Industry: The Mediating Effect of Customer Satisfaction. In Procedia Economics and Finance (Vol. 37, pp. 366–371). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30138-1.

Risdwiyanto, A. & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.

Risdwiyanto, A. (2016). Tas Kresek Berbayar, Ubah Perilaku Belanja? Kedaulatan Rakyat, 22 Februari, 12.

Salfina, R., Musril, H. A., Okra, R., & Derta, S. (2023). Perancangan Game Edukasi untuk Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X Menggunakan Aplikasi Educandy di SMKN 4 Payakumbuh. Journal of Information System and Education Development, 1(1), 1–7. http://journal.mwsfoundation.or.id/index.php/jised/article/view/1

StatSoft, Inc. (1997). Electronic Statistic Textbook. Tulsa OK., StatSoft Online. Available at: http://www.statsoft.com/textbook/stathome.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.

Wahyudiati, D. (2021). Eksplorasi Sikap Ilmiah Dan Pengalaman Belajar Calon Guru Kimia Berdasarkan Gender. Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.20414/spin.v3i1.3333.

Published

2024-12-11

How to Cite

EKSPLORASI PENGALAMAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12). https://doi.org/10.62281/fmswbj91

Similar Articles

1-10 of 311

You may also start an advanced similarity search for this article.