PENGARUH KOMPETENSI, SKEPTISISME PROFESIONAL, DAN KEAHLIAN SISTEM INFORMASI AUDITOR TERHADAP PEMBUKTIAN FRAUD

Authors

  • Nadia Oktaviani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Author
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i6.346

Keywords:

Kompetensi, Skeptisisme Profesional, Keahlian Sistem Informasi, Fraud

Abstract

Kecurangan (fraud) adalah tindakan yang disengaja dengan tujuan mendapatkan keuntungan secara tidak sah, melalui penipuan, penggelapan, atau penyalahgunaan kepercayaan. Penelitian ini mengeksplorasi teori, konsep, dan temuan terkait audit dan pencegahan kecurangan. Dari literatur yang relevan, ditemukan bahwa auditor perlu memiliki profesionalisme, skeptisme profesional yang tinggi, independensi, dan keahlian sistem informasi audit yang memadai untuk mendeteksi kecurangan. Penggunaan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) juga dapat membantu, tetapi harus dipertimbangkan dengan hati-hati karena tidak selalu memperkuat kompetensi atau profesionalisme auditor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Biksa, I. A. I., & Wiratmaja, I. D. N. (2016). Pengaruh pengalaman, independensi, skeptisme profesional auditor pada pendeteksian kecurangan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 17(3)

Dewi, Ni Wayan Puspita, dan I. Wayan Ramantha. (2016). Profesionalisme Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kemampuan Investigatif pada Auditor BPKP Provinsi Bali. E-Jurnal Akuntansi 15 (2).

Didi Atmaja. (2016). Pengaruh Kompetensi, Profesionalisme, dan Pengalaman Audit Terhadap Kemampuan Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Dalam Mendeteksi Fraud Dengan Teknik Audit Berbantuan Komputer Sebagai Variabel Moderasi. Media Riset Akuntansi. 16 (1).

Digdowiseiso, K., Subiyanto, B., & Priadi, J. I. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan (fraud) (studi empiris pada auditor BPK RI di Jakarta Pusat). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan. 4(6).

Fikra Aldi Maulana. (2019). Pengaruh Skeptisme Profesional, Profesionalisme, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kemampuan Mendeteksi Fraud. Skripsi.

Fiqra Saridewi. (2022). Pengaruh Kompetensi, Skeptisme Profesional, Pengalaman Auditor Terhadap Pengungkapan Fraud. Centre of Economic Student Journal. 5

Haikal, Fariz M. (2017). “Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Skeptisisme Profesional Auditor Terhadap Pendeteksian Fraud”. Skripsi. Universitas Lampung.

Nasution, Hafifah & Fitriany. (2012). Pengaruh Beban Kerja, Pengalaman Audit dan Tipe Kepribadian terhadap Skeptisme Profesional dan Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan. Jurnal Akuntansi Universitas Indonesia.

Yulinda Honta Lambe. (2022). Pengaruh Skeptisme Profesional, Kompetensi dan Independensi Terhadap Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan dengan Pengalaman Audit Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Management & Business. 37531(2)

Published

2024-05-31

How to Cite

PENGARUH KOMPETENSI, SKEPTISISME PROFESIONAL, DAN KEAHLIAN SISTEM INFORMASI AUDITOR TERHADAP PEMBUKTIAN FRAUD. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6). https://doi.org/10.62281/v2i6.346

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 125

You may also start an advanced similarity search for this article.