EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NGLANDUNG 02

Authors

  • Riris Zatira Wira Hastuty Universitas PGRI Madiun Author
  • Sudarmiani Universitas PGRI Madiun Author
  • Nunung Kuntari Universitas PGRI Madiun Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/crt48r42

Keywords:

Media Permainan Ular Tangga , Hasil Belajar

Abstract

Siswa kelas IV SDN Nglandung 02, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui apakah permainan ular tangga matematika bisa mengembangkan hasil belajar siswa. Enam siswa dari kelas IV menjadi subjek penelitian dalam penelitian dua siklus yang memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan MC Taggart. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan media permainan ular tangga sangat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Persentase hasil belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 60%, siklus I sebesar 73%, dan siklus II sebesar 91%, semuanya sangat tinggi. Selain itu, proporsi siswa yang menyelesaikan semua tugas mereka meningkat dari 33% sebelum siklus dimulai menjadi 66% pada siklus pertama dan 100% pada siklus kedua. Pada akhir penelitian, nilai rata-rata kelas mencapai 91%. Diperoleh kesimpulan jika penyelidikan ini menunjukkan siswa kelas IV di SDN Nglandung 02, Kecamatam Geger, Kabupaten Madiun hasil belajarnya meningkat dengan bantuan permainan ular tangga pada pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.

Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik SD (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Desyafmi, H., Firman, F., & Ifdil, I. (2016). Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Informasi. Konselor, 3(1), 35–41

Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat- Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–15

Heriyana, Wina, and Y Irena Maureen. 2014. “Penerapan Metode Digital Storytelling Pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 5(2): 1–9.

Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.

Sadiman, Arief, dkk. 2011. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatannya.

Suwangsih, Erna dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika Semarang: UPI Press Wiriaatmadja, Roch

Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.

Published

2024-11-11

How to Cite

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NGLANDUNG 02. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11). https://doi.org/10.62281/crt48r42

Similar Articles

11-20 of 759

You may also start an advanced similarity search for this article.