DAMPAK PERILAKU PADA MAHASISWA AKIBAT KECANDUAN PADA GAME ONLINE

Penulis

  • Amelia Sri Muliani Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Author
  • Bunaisah Saragih Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Author
  • Risky Ramadhan Damanik Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/v2i6.611

Kata Kunci:

Mahasiswa, Game, Perilaku

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak perilaku pada mahasisiwa akibat kecanduan pada gemes onalin dalam membentuk karakter siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan. Games online akan membawa dampak negatif bagi penggunanya apabila permainan ini dimainkan secara berlebihan sehingga terganggu kegiatan akademiknya. Maka untuk pengguna games online tertentu hendaknya mampu untuk lebih mengontrol dan mengendalikan dirinya. Untuk mengatasi adanya dampak negatif akibat kecanduan games online, diperlukan penanganan lebih lanjut misalnya dengan pemberian layanan konseling perorangan pada individu yang mengalami kecanduan games online. Untuk para pembaca, semoga hasil studi kasus ini bisa menjadi gambaran akan banyaknya kerugian yang terjadi pada diri sendiri apabila mengalami kecanduan games online. Kerugian ini bukan hanya dari segi kondisi pribadi, melainkan hubungan sosial juga akan terhambat karena akan menarik diri dari lingkungan sosial yang ada.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Januar dan Turmudzi, 2006, Game Mania, Jakarta: Gema Insani

Kardefelt-Winther. (2017). How Does the Time Children Spend Using Digital Technology Impact Their

Mental Well-being, Social Relationships and Physical Activity? An Evidence-focused Literature Review. Florence

Parisod, Heidi & Aromaa, Minna & Hamari, Lotta & Kimppa, Kai & Camilla, Laaksonen & Leppänen, Ville & Pakarinen, Anni & Smed, Jouni & Salanterä, Sanna. (2014). The advantages and limitations of digital games in children’s health promotion. Finnish Journal of eHealth and eWelfare. 6. 164-173. (https://journal.fi/finjehew/article/view/48210/13997 , diakses 5 Januari 2022).

Pranoto. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Game Online Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja Awal Di Wilayah Kelurahan Togomas Kecamatan Lowokwaru Malang.

Rahma Pratiwi Emy Yunita.2019, Positif Negatif Game Online. LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG. Jawa Timur.

Diterbitkan

2024-07-03

Cara Mengutip

DAMPAK PERILAKU PADA MAHASISWA AKIBAT KECANDUAN PADA GAME ONLINE. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6). https://doi.org/10.62281/v2i6.611

Artikel Serupa

1-10 dari 107

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.