PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KARTU DOMINO PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN NGLANDUNG 02 MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.62281/v2i11.885Keywords:
Media Pembelajaran, Pecahan, DesimalAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki keampuhan kartu domino sebagai alat bantu pengajaran matematika dan untuk mengidentifikasi cara-cara untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa setelah menggunakan kartu-kartu ini. Penelitian tindakan kelas adalah metode yang digunakan. Hasil belajar matematika menggunakan pecahan dan desimal adalah tujuan dari penelitian ini, yang melibatkan siswa kelas VI di SDN Nglandung 2. Dengan menggunakan metode kuantitatif langsung, data penelitian diperiksa dalam bentuk hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 60 tercatat sebelum siklus dimulai, 75 setelah siklus pertama, dan 95 setelah siklus kedua, menurut penelitian tersebut. Selain itu, dari 16% pada pra-siklus, 66,7% pada siklus I, dan 100% pada siklus II, proporsi siswa yang menyelesaikan pembelajaran meningkat. Oleh karena itu, siswa kelas enam di SDN Nglandung 2 dapat mengambil manfaat dari penggunaan kartu domino matematika untuk mempelajari konsep-konsep seperti pecahan dan desimal.
Downloads
References
Anggriani,Vici. (2017). Penggunaan media Permainan Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bilangan Pecahan Kelas V SDN 16 Pulau Karam Kabupaten Pesisir Selatan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 168.
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish. Gazali, R .Y (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3). 182.
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat- Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–15.
Jawidda. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iii Sdn 170 Dakda Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Jurnal : Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 93.
Ming-Chaun Li & Chin-Chung Tsai.(2013). Game Based Learning in Science Education : A Review of Relevant Research. Springer. DOI 10.1007/s10956-013-9436-x
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah. 03(01). 174.
Royani, A. (2017). Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta. Briliant: Jurnal Riset Konseptual, 2(3), 294.
Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata. Wibowo,H. S., (2023) Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran. Semarang: Tiram Media. 12
Wijayanti, R. Y. (2018). Peningkatan pemahaman konsep pecahan dengan kartu domino pecahan pada Kelas III SDN Sinduadi 1. BASIC EDUCATION, 7(22), 2-154
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febi Ramadan Suci, Sudarmiani, Nunung Kuntari (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.