REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM LAGU “NXDE”(G)I-DLE MELALUI PERSPEKTIF SARA MILLS

Authors

  • Tasya Nur Sa’diyah Universitas Trunojoyo Madura Author

DOI:

https://doi.org/10.62281/r47c8843

Keywords:

Perempuan, Masyarakat, Representasi, Lirik Lagu, Sara mills

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan perempuan dalam lagu “Nxde” (G)I-DLE. peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis sara mills, yakni mendeskripsikan bentuk data tanpa menyertakan sebuah angka. pendeskripsian tersebut bisa melalui data yang sudah dianalisis. Sumber dari data tersebut adalah lagu “Nxde” (G)I-DLE yang terdapat pada mini album ke 5 mereka yaitu I Never Die & I Love. Data tersebut dikumpulkan menggunakan Teknik catat. Setelah pengumpulan data, data segera dianalisis dengan mengklasifikasi, mengumpulkan, menganalisis dan menyimpulkan beberapa potongan lirik lagu “Nxde”. Lalu data tersebut bisa di kategorikan dan disesuaikan dengan pendeskripsian perempuan. Setelah berhasil peneliti kategorikan, masing masing dari data tersebut dianalisis kembali menggunakan perspektif dari teori sara mills dengan unsur subjek-objek dan posisi pembaca-penulis. Setelah berhasil menganalisis data, kemudian dapat di simpulkan. hasil analisis pada subjek-objek dalam lagu “Nxde” adalah perempuan dan sebagai objek adalah masyarakat. lalu, pada posisi penulis-pembaca, yaitu mengacu pada objek yang memandang subjek dengan pendeskripsian perempuan. Secara keseluruhan, Nxde” bukan hanya sebuah karya seni, tetapi juga ruang untuk refleksi, dialog, dan perubahan dalam isu identitas perempuan dan representasi dalam masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, D. C. R. (2018). Mahasiswa dan K-POP (Studi Interaksi Simbolik K-Popers di Makassar). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–13.

Fatimah, & Nuryaningsih. (2018). Buku Ajar Buku Ajar.

Fatonah, A. A., & Handayani, W. R. (2024). Representasi Girl Power Pada Lagu “Tally” Oleh Blackpink. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 25(1), 38. https://doi.org/10.19184/semiotika.v25i1.40355

Han, B. (2017). K-pop in Latin America: Transcultural fandom and digital mediation. International Journal of Communication, 11, 2250–2269.

Husna, A., & Fahrimal, Y. (2021). Representasi Perempuan Berdaya pada Akun Instagram @rachelvennya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 131. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3801

Infadillah, R., Azhar, A. A., & Zuhriah. (2023). Persepsi Komunikasi Lintas Budaya Maskulinitas Gender Mengenai Feminitas Boyband Kpop. SEMAR : Jurnal Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 1(03), 69–80. https://doi.org/10.59966/semar.v1i03.486

Wibowo, G. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak (Journal of Communication), 3(1), 47. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i1.1219

Widjanarko, K. I. W. (2023). Representasi Perempuan Dalam Lirik Lagu Album T.R.I.a.D Karya Ahmad Dhani (Kajian: Analisis Wacana Kritis Sara Mills). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 131–140. https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.357

Published

2024-12-19

How to Cite

REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM LAGU “NXDE”(G)I-DLE MELALUI PERSPEKTIF SARA MILLS. (2024). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12). https://doi.org/10.62281/r47c8843

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 363

You may also start an advanced similarity search for this article.