EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NGLANDUNG 02
DOI:
https://doi.org/10.62281/crt48r42Kata Kunci:
Media Permainan Ular Tangga , Hasil BelajarAbstrak
Siswa kelas IV SDN Nglandung 02, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui apakah permainan ular tangga matematika bisa mengembangkan hasil belajar siswa. Enam siswa dari kelas IV menjadi subjek penelitian dalam penelitian dua siklus yang memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan MC Taggart. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan media permainan ular tangga sangat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Persentase hasil belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 60%, siklus I sebesar 73%, dan siklus II sebesar 91%, semuanya sangat tinggi. Selain itu, proporsi siswa yang menyelesaikan semua tugas mereka meningkat dari 33% sebelum siklus dimulai menjadi 66% pada siklus pertama dan 100% pada siklus kedua. Pada akhir penelitian, nilai rata-rata kelas mencapai 91%. Diperoleh kesimpulan jika penyelidikan ini menunjukkan siswa kelas IV di SDN Nglandung 02, Kecamatam Geger, Kabupaten Madiun hasil belajarnya meningkat dengan bantuan permainan ular tangga pada pembelajaran matematika.
Unduhan
Referensi
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.
Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik SD (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Desyafmi, H., Firman, F., & Ifdil, I. (2016). Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Informasi. Konselor, 3(1), 35–41
Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat- Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–15
Heriyana, Wina, and Y Irena Maureen. 2014. “Penerapan Metode Digital Storytelling Pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 5(2): 1–9.
Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.
Sadiman, Arief, dkk. 2011. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatannya.
Suwangsih, Erna dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika Semarang: UPI Press Wiriaatmadja, Roch
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riris Zatira Wira Hastuty, Sudarmiani, Nunung Kuntari (Author)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.